5 tips agar bebas dari kemiskinan


 5 tips agar bebas dari kemiskinan

Assalamu'alaikum

Miskin atau kemiskinan merupakan kondisi seseorang berada dalam keadaan tidak memiliki kemampuan untuk mendapatkan atau memenuhi kebutuhan pokok setiap hari. Seperti kekurangan akan makanan, pakaian, rumah, pendidikan maupun kesehatan.

Kemiskinan bisa disebabkan karena seseorang memang sudah ditakdirkan miskin atau karena disebabkan malas dalam bekerja atau berusaha. Namun di dalam ajaran Islam janganlah kemiskinan ini membuat hidup kita menjadi putus asa, menyalahkan orang tua bahkan jangan sampai menyalahkan sang Maha Pencipta. 

Kemiskinan merupakan salah satu ujian yang Allah berikan kepada hambaNya untuk menguji kualitas keimanan. bahkan kemiskinan untuk sebagian orang beranggapan bukanlah sesuatu hal yang terlalu dirisaukan. Hidup miskin bisa jadi sudah menjadi takdir dari Allah swt yang harus kita terima.

Kemiskinan bisa menjadikan motivasi atau latihan agar kita senantiasa belajar bersabar dalam menghadapi kehidupan.

Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah berdo’a kepada Allah subhanahu wata’ala yang tertuang dalam sabdanya :

Ya Allah, jadikanlah saya hidup dalam kemiskinan, matikanlah dalam kemiskinan dan kumpulkanlah saya dalam golongan orang miskin.


Apakah lantas kita menyerah begitu saja dalam kemiskinan?

Rosulullah sawa dalam hadits lain bersabda :

Ya Allah aku berlindung pada-Mu dari kefakiran, kekurangan dan aku berlindung dari menzalimi dan di zholimi.


Sebagai umat Islam kita harus bangkit dari keterpurukan, harus bisa menghindari atau berusaha keluar dari kemiskinan yakni dengan cara berdoa kepada Allah subhanahu wata'ala dan berikhtiar atau berusaha sekuat tenaga. agar ikhtiar dan doa kita maksimal kita harus memaksimalkan niat dan motivasi agar terbebas dari kemiskinan.


Sebut saja misalnya jika kita diberikan Allah rezeki yang berlimpah diniatkan untuk bersedekah, membantu saudara yang sedang dalam kesusahan. untuk membiayai kebutuhan anak dan istri, untuk biaya sekolah ataupun pesantren anak, dan niat yang lain yang mampu membangkitkan semangat kita untuk terus berjuang, berdoa dan berusaha.


berikut di bawah ini adalah tips agar kita terbebas dari kemiskinan dan selalu diberikan kemudahan dalam memperoleh rezeki yang halal berkah dan tiada putus atau berhenti. 


1. berbuat baik kepada kedua orang tua

orang tua (ayah dan ibu) merupakan keramat bagi kita. mereka adalah pahlawan yang telah melahirkan dan membesarkan kita. mendidik kita sampai dewasa bahkan apa yang telah mereka berikan kepada kita tak pernah ingin terbalaskan jasanya. 


Dari Sahal bin Muadz dari ayahnya, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda " barang siapa berbakti kepada kedua orang tuanya, sesungguhnya ia sangat beruntung dan Allah akan menambahkan/memanjangkan umurnya. (HR. Muslim)


Banyak ayat alqur'an dan hadits yang memerintahkan kita untuk selalu berbuat baik kepada keduanya. bahkan Rasulullah saw mengajarkan kita untuk selalu mendo'akanya. dan janganlah sekali kali kita membantah, menghardik bahkan membuat mereka sakit hati.


Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : 

Setiap dosa akan ditunda balasannya hingga hari kiamat kecuali durhaka kepada kedua orang tuanya. sesungguhnya Allah akan menyegerakan di dunia sebelum sebelum kematian menjemput, (HR. Al-Hakim, dari Abi Bakrah RA).

Jika kita selalu berbuat baik dan berbhakti kepada kedua orang tua, insya Allah hidup kita di dunia bahkan sampai akhirat akan diberikan kemudahan oleh Allah subhanahu wata'ala. hajat kita selalu di kabulkan. bahkan dari doa yang masih terucap di dalam hati. 


2. Rutin Bersedekah

Lakukanlah sedekah setiap hari meskipun nominalnya sedikit. meskipun dalam bersedekah kita masih belum bisa memberikan yang banyak. sebaik-baik sedekah yaitu kepada saudara terlebih dahulu. bersedakah bisa dilakukan dimanapun, kapanpun. 

Jika kita belum terbiasa bersedekah, paksakanlah diri anda! tetap dengan niat lillahi ta'ala. bersedekah tidaklah mengurangi harta kita bahkan Allah akan membalas dengan puluhan bahkan ratusan kebaikan. yakinlah jika kita membiasakan diri dengan bersedekah insya Allah dengan izin Allah, segala kebutuhan kita Allah akan penuhi.

 

3. Rutin Sholat Duha

Sholat duha adalah shalat sunat yang sangat dianjurkan oleh Nabi SAW. Shalat duha merupakan shalat sunat pembuka pintu rezeki. pelaksanaan shalat duha yaitu pada waktu pagi hari yakni setelah matahari terbit, sekitar jam 07.00 wib - menjelang waktu dzuhur. sholat duha dilakukan minimal 2 rakaat, boleh 4, 6 bahkan ada yang sampai 12 rakaat. untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca tulisan saya tentang sholat duha pada link berikut ini :

keutamaan sholat duha


4. Rutin Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah sholat yang sangat dianjurkan Nabi SAW. jika kita memiliki hajat yang ingin cepat terkabul maka sebaiknya kita rutin melakukan shalat tahajud. lebih lengkap silakan kunjungi link di bawah ini :

keutamaan tahajjud - arifin ilham

keistimewaan tahajud-Adi hidayat


5. Rutin Shalat berjamaah 

Rutin melakukan  sholat berjamaah ke masjid merupakan perbuatan yang sangat di sunnahkan oleh Nabi SAW. 

Banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan selalu sholat berjamaah di masjid diantaranya adalah 

1. Allah akan memberikan pahala satu langkah menghapuskan dosa langkah berikutnya menaikan derajat. 

2. mempercepat datangnya pertolongan Allah bisa berupa mendapatkan rezeki yang tak di duga-duga

3. silaturahim sesama muslim setiap hari.


demikianlah ulasan ini, tentu tips di atas bukanlah sesuatu yang final. masih banyak lagi cara agar Allah SWT bisa mempercepat datangnya rejeki untuk kita. 

 

Posting Komentar

0 Komentar