Sholat Dhuha dan keutamaanya


“Wahai anak Adam, jangan sekali kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat itu Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya” (HR. Hakim & Thabrani).


Assalamu’alaikum…

Puji syukur hanyalah untuk Allah subhanahu wata’ala yang telah memberikan begitu banyak nikmat-nikmatNya kepada kita.

Sholawat teriring salam semoga tercurahkan kepada manusia yang paling mulia akhlaknya panutan kita semua yakni Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya dan para sahabat sahabatnya. Semoga kita semua mendapatkan syafaat dari beliau.

Arti Sholat Duha

Sholat Dhuha merupakan sholat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi SAW di waktu pagi hari yakni ketika matahari mulai naik kira kira 7 hasta. Atau sekitar pukul 06.30 atau 07.00. sampai datangnya waktu sholat dzuhur.

Sholat Dhuha dikerjakan paling sedikit 2 rakaat. Boleh 4, 6, 8 dan 12 rakaat. Setiap 2 rakaat dianjurkan memberi salam.

Sebagaimana yang disabdakan Nabi SAW dalam haditsnya “ barang siapa shalat dhuha 12 rakaat Allah subhanahu wata’ala akan membangunkan istana baginya di surga” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

 

Hadits Nabi SAW tentang Sholat Dhuha

  • Dari Abi Zar dari Nabi SAW, beliau bersabda “setiap pagi ada kewajiban untuk bersedakah untuk tiap tiap persendian (ruas). setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah. Menganjurkan kebaikan dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Cukuplah menggantikan semua itu dengan dua rakaat shalat dhua (HR. Muslim)
  • barang siapa shalat dhuha 12 rakaat Allah subhanahu wata’ala akan membangunkan istana baginya di surga” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).
  • Bersabda Nabi SAW dalam hadits Qudsi Allah SWT berfirman “Wahai anak Adam, jangan sekali kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat itu Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya” (HR. Hakim & Thabrani).

 

Keutamaan Sholat Dhuha

Shalat dhuha memiliki banyak keutamaan diantaranya adalah jika seorang muslim melakukannya setiap hari maka ia akan mendapatkan balasan pahala yang luar biasa dan Allah SWT akan melapangkan dada dan diberikan kemudahan dalam mencari rizki. hal ini sebagaimana termaktub dalam do’anya antara lain :

Ya Allah jika rezekiku di langit maka turunkanlah, jika rezekiku di bumi keluarkanlah, jika rezekiku jauh maka dekatkanlah, jika rezekiku haram halalkanlah, jika rezekiku sedikit maka cukupkanlah.

Menurut Dr. Ebrahim Kazim dalam penelitiannya mengatakan bahwa gerakan teratur dari sholat menguatkan otot beserta tendon dan sendinya, dan bisa menimbulkan efek yang luar biasa terhadap system dalam tubuhnya.

Akhirnya penulis menyimpulkan bahwa sebagai umat islam yang yakin kepada Allah SWT terlebih khusus menyerahkan segala urusan terutama masalah rezeki kepada Allah, kiranya sholat dhuha merupakan sunnah Nabi SAW yang tidak boleh ditinggalkan, karena dengan melakukan sholat dhuha sejatinya kita sudah berserah diri kepada Allah mengenai urusan rezeki kita. 

Orang yang selalu melaksanakan sholat dhuha pasti memiliki semangat dan keyakinan yang kuat dalam berikhtiar bekerja atau berusaha (dagang atau yang lainnya). Karna yakin pasti Allah akan memberikan rezekiNya diwaktu yang tidak disangka sangka.

di bawah ini saya lampirkan niat sholat dhuha dan do'a setelah sholat dhuha.

NIAT SHOLAT DHUHA



Usholli sunnatan dhuhai rok'ataini lillahi ta'ala

Saya niat sholat dhuha dua rakaat karna Allah ta'ala, Allahu Akbar


DOA SETELAH SHOLAT DHUHA






 

 


 


Posting Komentar

0 Komentar