Tahajjud adalah Tradisi Orang Soleh



Tahajjud adalah Tradisi Orang Soleh

Oleh : Ust. Arifin Ilham (alm.)
Ayah Bunda, Saudara saudari ku yang ku cintai karena Allah Jalla Jalaluh.

Kali ini kita membahas amal ibadah yang sangat istimewa,  sangat dicintai oleh Allah, sangat disukai Rosulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam dan ini menjadi tradisinya orang orang sholeh. Apa itu? Sholat Tahajjud. Allahu Akbar.

Tiada pujian yang paling banyak dalam al qur’an dalam urusan ibadah selain tahajjud dan itu menjadi karakter utama seorang mukmin, hal ini di gambarkan Allah SWT dalam surat Adjariat ayat 17 :

كَانُوا قَلِيلا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (١٧)

“Hamba hamba yang beriman itu sedikit sekali rehatnya di waktu malam. Dan di waktu sahur mereka banyak minta ampun kepada Allah subhanahu wata’ala.

Hamba hamba yang beriman itu menjauhkan lambungnya, punggungnya dari tempat tidurnya karena takut murka Allah dan mereka berharap sangat ridho ampunan syurganya Allah. Allahu Akbar walilla hilham.

Sesungguhnya bangun di tengah malam, tahajjud lebih tepat khusu nya dan bacaannya sungguh amat mengesankan. 

Memang, awal kehidupan kita dimuliakan dengan qiyamul lail. Maka nafsu yang liar, bahkan ganas, nafsu yang mau nya berbuat maksiat, berbuat dzolim menjadi nafsu yang mutmainnah, nafsu yang dijaga oleh Allah subhanahu wata’ala. Bahkan menjadi pembeda antara seorang mukmin dengan orang yang bukan mukmin.

Apakah sama hambaKu yang bangun di tengah malam yang mengharapkan ridhoKu, rahmatKu, ampunanKu, takut dengan adzabKu, takut dengan nerakaKu, dengan mereka yang lelap dalam peraduan tidur?samakah?. diulang lagi pertanyaan ini oleh Allah, sama ga?.

Hamba yang mengenalKu, yang mencintaiKu, yang merindukan perjumpaan denganKu, dengan mereka yang tidak?.

Ayat ini Allah kunci dengan kalimat yang sangat indah, “Hanya hamba yang mengenal, yang mencintai, yang merindukan perjumpaan denganKu, merekalah yang mengingatKu ditengah malam.

Karena itulah, penikmat sholat malam adalah hamba pilihan Allah, semua bisa bangun malam tapi belum tentu mau sholat malam.

Sebagaimana kita melihat bintang bintang di tengah malam, Allahu Akbar! Ternyata para malaikat yang dilangitpun melihat ada bintang dimuka bumi! Siapa mereka? Penikmat Sholat malam. Mereka memancarkan cahaya ke langit, Allahu Akbar walillahilham!

Karena itu jangan tinggalkan sholat malam, tidurlah lebih awal, berazamlah untuk bisa sholat malam, karena itulah waktu yang terbaik untuk berjumpa dengan Allah dan do’a do’a ditengah malam sangat mustajab, dan itu terjadi setiap malam.

wassalamu'alaikum

Posting Komentar

0 Komentar