Keutamaan dan kemuliaan Hari Jum'at

Hari Jum’at merupakan rajanya hari atau disebut sayyidul ayyam penghulunya hari. Banyak keutamaan dan kemuliaan bisa di dapatkan di hari Jum’at. 

Pada hari Jum’at banyak peristiwa besar terjadi seperti di ciptakannya manusia pertama kalinya yaitu Nabi Adam AS, hal ini termaktub dalam surat al-baqarah ayat 30 :

Artinya : “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Berkata para malaikat “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?, Allah Berfirman : “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Qs. Albaqarah :30)

bahkan disebutkan oleh Nabi SAW dalam haditsnya bahwa kiamat akan terjadi di hari Jum’at.

“Pada hari itu (jum’at) kiamat akan terjadi dan tak ada binatang melata satupun kecuali mereka menunggu pada hari jum'at sejak subuh sampai terbit matahari karena takut akan datangnya hari kiamat, kecuali jin dan manusia.” (HR. Abu Daud)

Diantara hari hari, hari Jum’at menjadi hari yang paling diistimewakan dalam ajaran Islam. Pada hari tersebut umat Islam laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan shalat berjama’ah di masjid sebagai pengganti shalat dzuhur. Hal ini sebagaimana tertulis dalam al-qur’an surat Al-Jumu’ah ayat 9 – 10, Allah SWT berfirman :

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila shalat telah dilaksanakan maka bertebaranlah kamu dimuka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.” (QS. Al-Jumu’ah :9-10).

Pada hari jum’at Allah SWT menciptakan semua makhluk di dunia (manusia, binatang,  tumbuh-tumbuhan, alam, langit, bintang dan semua ciptaan-Nya) dan Allah menciptakannya dengan sempurna.

Berikut ini Beberapa Keutamaan dan Kemuliaan Hari Jum’at

1. Waktu yang Mustajab untuk memohon doa

Keutamaan dan kemuliaan pada hari jum’at salah satunya adalah dimana pada hari itu bagi umat muslim yang memohon atau bermunajat kepada Allah SWT dan memohonkan kebaikan insya Allah do’anya segera dikabulkan. Hal ini bukan berarti berdo’a di lain hari itu tidak dikabulkan. Berdo’alah setiap harinya tapi pada hari jum’at doanya lebih dikuatkan lagi.

Hal ini sebagaimana yang disabdakan Nabi SAW dalam haditsnya yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda “ di dalamnya terdapat waktu, jika seorang muslim berdo’a ketika waktu itu pasti diberikan apa yang ia minta, lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang waktu sebentar itu. (HR. Bukhori dan Muslim).

2. Diberikan Pahala yang berlipat Ganda

Keutamaan dan kemuliaan pada hari jum’at yang selanjutnya adalah Allah SWT memberikan pahala yang berlipat ganda bagi setiap umat Muslim yang melakukan ibadah dan amal kebaikan pada hari itu baik ibadah sunnah maupun ibadah yang wajib.

Hal ini tercermin dari hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Syafi’i dalam sebuah kitab karyanya “kitab Al-Umm”

Artinya : “Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Nabi SAW bersabda : “ perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jum’at sesungguhnya shalawat itu sampai kepadaku dan aku mendengar,dan di hari Jum’at pahala bersedekah dilipatgandakan. (Imam al-Syafi’I, Al-Umm juz 1 hal. 239) 

3. Terhindar dari Fitnah Kubur

Bagi orang orang yang wafat atau meninggal di hari jum’at maka Allah SWT akan memberikan perlindungan dari fitnah kubur. Orang orang yang meninggal akan diberikan kemudahan kemudahan ketika ditanya oleh malaikat Munkar dan Nakir

Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya yang diriwatkan oleh imam Tirmidzi bersabda : “Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum’at melainkan Allah lindungi dari fitnah kubur.”

Amalan Sunnah di Hari Jum’at

1. Membaca Shalawat kepada Nabi SAW.

Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW di hari jum'at ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena dengan banyak bershalawat kepada Nabi SAW insya Allah kita diberikan syafaatnya dan dengan banyak bershalawat insya Allah kita diberikan kemudahan kemudahan dalam hidup. 

Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku setiap hari jum’at. Barang siapa yang banyak bershawalat kepadaku dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti. (HR. Baihaqi)

2. Bersedekah

Bersedekah merupakan amalan yang bisa kita lakukan dihari jum'at. banyak jenisnya bersedekah dari uang, makanan ataupun tenaga bahkan tersenyum pun menjadi sedekah.

Bersedekah uang bisa kita berikan langsung kepada fakir miskin atau yatim piatu atau bisa juga di kotak masjid. Kesadaran umat Islam akan bersedekah kian melonjak. 

kini banyak kita jumpai di masjid masjid dimanapun banyak umat islam yang berlomba lomba memberikan makanan ataupun berupa minuman kepada para jama'ah setelah selesai sholat Jum'at. 

Nabi Muhammad SAW bersabda : "sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya." Hadits dari Ka'ab menjelaskan "dan bersedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya." (Mauquf Shalih).

3. Mandi sunnah

Membersihkan seluruh badan atau mandi di hari jum'at adalah sunnah yang dianjurkan oleh Nabi SAW. Mandi membersihkan segala kotoran dan najis yang ada di badan kita. 

Nabi SAW bersabda : "Barang siapa mandi dan membasuh badan dan kepalanya kemudian bergegas untuk sholat jum'at, menemui awal khutbah berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan pahala shalat selama satu tahun." (HR. Al-Tirmidzi dan Al-Hakim).

dan masih banyak sekali amalan amalan sunnah yang bisa kita lakukan pada hari jum'at seperti memakai pakaian baik (bagus) dan bersih, memakai wangi-wangian, berdzikir tahlil tahmid takbir dan membaca al-qur'an.

Wallahu'alam, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar