Rajin Ibadah tapi masih suka Mencela Orang Lain








Hai orang orang beriman jauhilah kebanyakan prasangka buruk(curiga), karena sebagian prasangka buruk itu dosa. Dan janganlah sebagiankalian mencari- cari keburukan orang dan menggunjingkan sebagian satu samalain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yangsudah mati?maka tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepadaAllah. Sesungguhnya Allah maha penerima Taubat lagi maha penyayang.


Assalamu'alaikum wr. wb. 

Puji dan syukur hanyalah kepada Allah SWT kita persembahkan atas semua nikmat-nikmatnya yang telah dan selalu Allah SWT berikan kepada kita tanpa batasan. betapa tiada terhitungnya nikmat-Nya yang diberikan kepada kita semua.

Sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW, keluarganya dan sahabatnya. beliau adalah seorang kekasih Allah. seorang yang telah membawa manusia dari kegelapan menuju terang benderang. serta memiliki akhlak yang sangat mulia. semoga kita semua mendapatkan syafa'atnya di akhirat kelak.

kaum muslimin yang berbahagia,

ayat diatas merupakan perintah Allah SWT kepada manusia yang memiliki keimanan dihatinya untuk selalu menghindarkan perbuatan yang banyak mengandung makna suudzun atau berprasangka buruk terhadap sesama muslim. 

sifat  yang selalu curiga atau berprasangka buruk terhadap orang lain yang seiman tentu akan berdampak negatif. seseorang yang memiliki sifat ini tentu hatinya selalu merasa dengki selalu memandang orang lain salah di matanya. 

seseorang yang memiliki sifat suudzon kepada orang lain hidupnya di selimuti rasa kesal dan terus menerus mencari-cari kesalahan orang. bahkan tak sungkan sungkan selalu mengumbar kesalahan orang kepada orang lainnya.  setiap hari selalu menceritakan aib orang lain. 

bagi orang yang memiliki sifat tersebut, diibaratkan seperti memakan bangkai saudaranya sendiri. tentu bagi orang yang waras tidaklah ia akan melakukan itu karena merasa jijik.

yang lebih miris lagi adalah apabila seorang muslim yang selalu taat beribadah, sholat tak pernah ketinggalan, namun kesehariannya selalu mengguncingkan orang lain. tentu ini perlu dipertanyakan apakah ibadanya khusu' atau tidak.

kaum muslimin yang berbahagia,

marilah kita laksanakan perintah Allah SWT dalam ayat ini yaitu menjauhi selalu berprasangka buruk, mencari cari kesalahan orang lain dan mengguncingkannya.

semoga Allah subhanahu wata'ala memberikan kekuatan dan pertolongannya kepada kita semua agar terhindar dari perbuatan yang dilarang tersebut.

dan semoga Allah mengampuni segala kesalahan yang pernah kita perbuat dimasa lalu dan menjadikan kita semua insan/manusia yang bertakwa kepada-Nya.

Wassalamu'alaikum wr. wb.


Posting Komentar

0 Komentar