Manfaat berdzikir di waktu pagi dan sore hari

 “dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan sore. Dialahyang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya memohonkan ampunan untukmu,supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Danadalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman (QS. Al-Ahzab : 42-43).


Ayat diatas merupakan salah satu dalil tentang manfaat berdzikir. berdzikir adalah salah satu ibadah yang dilakukan untuk mengingat Allah subhanahu wata’ala dengan selalu menyebut dan memuji-Nya. Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk selalu berdzikir kepada-Nya di setiap waktu pagi, siang dan malam.

Manfaat berdzikir di waktu pagi dan sore memiliki banyak sekali keutamaannya. Manfaat berdzikir bisa kita raih dengan melakukan setelah sholat fardu, sholat sunat, di waktu malam,  saat I’tikaf atau diwaktu kapan saja yang terpenting ditempat yang disucikan. 

Janganlah berdzikir di tempat kotor seperti toilet. Berdzikir bisa dilakukan disela sela pekerjaan atau rutinitas kita setiap hari.

Manfaat Berdzikir setiap hari bisa membentuk rasa syukur kita kepada Allah subhanahu wata’ala dan tentunya keutamaan berdzikir bisa diraih.

Anjuran melakukan dzikir tertuang dalam al-qur’an, salah satunya pada surat al-ahzab ayat 42 – 43 “

“dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan sore. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya memohonkan ampunan untukmu, supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman (QS. Al-Ahzab : 42-43)

“maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di waktu pagi hari (Qs. AR-Rum : 17)

Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits dari Anas bin Malik RA, bersabda :

“aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah mulai dari (waktu) shalat subuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak.”

Berikut ini adalah manfaat berdzikir pagi dan sore

1. Selalu dilindungi Allah SWT.

Manfaat berdzikir pada pagi dan sore hari diantaranya akan diberikan perlindungan oleh Allah subhanahu wata’ala berupa keselamatan agama, keselamatan di dunia dan akhirat. Allah berikan perlindungan dari keburukan keburukan. 

2. Lebih dekat dengan Allah.

Orang yang sering berdzikir maka ia akan merasa dekat dengan Allah subhanahu wata’ala karena selalu mengucapkan kalimat yang memuji dan memuja kebesaran Allah subhanahu wata’ala. Dan amalan ini sangat disukai allah subhanahu wata’ala. 

Bersabda Rasulullah SAW “maukah kamu aku tunjukan perbuatan yang terbaik, paling suci di sisi Rajamu (Allah) dan mengangkat derajatmu, lebih baik bagimu dari infak emas atau perak. menjawab para sahabat “ mau ya Rasulullah. Bersabda Nabi SAW : “ dzikir kepada Allah yang Maha Tinggi. (HR. Tirmidzi No. 3377)

3. Diberikan kecukupan.

orang yang selalu berdzikir rutin dan istiqomah setiap hari di waktu pagi sore atau malam hari maka Allah memberikan pintu rezeki dari arah mana saja yang tidak kita ketahui. Bagi orang yang sering berdzikir ia tidak khawatir akan kebutuhan hidupnya karena ia sangat yakin kepada Allah subhanahu wata’ala bahwa Allah akan mencukupi segala kebutuhan hidupnya.

4. Diberikan balasan surga

Berdzikir termasuk ibadah yang sangat disukai dan dicintai Allah SWT. Salah satu manfaat berdzikir Allah memberikan surga kepada siapa saja yang setiap harinya di isi dengan berdzikir kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah haditsnya yang diriwayatkan dari Syaddad bin Aus RA. Bersabda Nabi SAW “barangsiapa mengucapkan dzikir di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pad hari tersebut sebelum sore, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barang siap mengucapkan dzikir di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh maka ia termasuk penghuni surga (HR. Bukhari No. 6306)

5. Diberikan Ketenangan

Senantiasa berdzikir Allah swt akan memberikan ketenangan pada hati dan jiwanya. Ibadah sunnah yang sangat dicintai Nabi ini jika dilakukan setiap hari insya Allah dalam kondisi apapun Allah subhanahu wata’ala akan senantiasa memberikan ketenangan dan jalan keluar yang terbaik.

Allah subhanahu wata’ala berfirman di dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’d ayat 28 “…ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.”


Posting Komentar

0 Komentar