LUAR BIASA!!! inilah RAHASIA Keutamaan Sholat Subuh




Oleh : Ustad Adi Hidayat

Mukodimah

Hadist riwayat Al-Bukhori nomor hadits 181 diriwayatkan oleh sahabat bernama Jundub bin junadah berasal dari ghifar dikenal dengan alghifari ,popularnya dengan sebut Abu Dzar Al Ghifari .

Beliau menyampaikan satu hadits melihat kebiasaan Nabi setiap kali Rosulullah bangun dari tidurnya maka Beliau berdo’a “alhamdulillahilladzi ahyana ba’da ma amatana wailahi nusyur”.  Segala puji bagi-Mu ya saya bersyukur terima kasih yang telah memberikan saya kesempatan hidup setelah Engkau tahan sementara nyawa kami.

Jadi ada amata ada ba’da ma amata. Kalau amata itu artinya mewafatkan, selesai hidupnya. Tapi kalau di awali kalimat ba’da ma itu artinya sementara ditahan. Di tahan sementara diberikan lagi kesempatan untuk hidup. Kita menyampaikan kepada

Ya mudah bagi-Mu untuk mewafatkan kami dalam tidur tapi dengan nikmat dari-Mu Engkau berikan kami kesempatan kembali untuk hidup sesuai dengan ajal yang telah Engkau tetapkan, Qur’an surat ke-7 ayat 34:
وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلا يَسْتَقْدِمُونَ (٣٤)
“setiap  umat mempunyai batas waktu. Maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya.”

Tapi ingat baik-baik pesan ini Nabi mengajarkan kepada kita setiap diberikan kesempatan kembali untuk hidup ”wailahinnusyur”.

maka kita berkomitmen kepada  “wailahinnusyur. nusyur dari kata nashoro yanshuru nasyron. Nushur artinya terpencar untuk kembali membawa bekal, menyebar untuk kembali membawa bekal. Anda yang tinggal di Lombok menyebar misalnya, ada yang ke Jakarta, ada yang ke sumatera, ada yang ke bali misalnya, anda kembali ke Lombok dengan bekal-bekal yang cukup banyak membuat anda hidup tentram itu artinya disebut nashoro.

Nah Anda setiap bangun berjanji wailaihinnusyur. Kami sekarang akan menyebar beraktivitas di muka bumi untuk mencari bekal terbaik sebelum kembali kepada-Mu ya . Di setiap anda mengucapkan do’a ini anda berjanji kepada Allah bahwa dihari itu anda akan  lebih baik daripada hari sebelumnya.

 Karna Anda akan mencari bekal, jadi mohon maaf ketika kita bangun mata kita mulai melihat, bagaimana caranya sekarang, kita diberikan kesempatan hidup dihari ini mata kita cari bekal untuk kita pulang kepada Allahl.karena itu orang yang beriman yang baik tidak pernah menggunakan matanya dalam rangka mencari bekal menuju Allah dengan melihat segala hal yang tidak di ridhoi Allah . 

Ingat mata kita akan ditanya, qur’an surat 17 ayat 36 paling kanan sebelah bawah

Ÿwur ß#ø)s? $tB }§øŠs9 y7s9 ¾ÏmÎ/ íOù=Ïæ 4 ¨bÎ) yìôJ¡¡9$# uŽ|Çt7ø9$#ur yŠ#xsàÿø9$#ur @ä. y7Í´¯»s9'ré& tb%x. çm÷Ytã Zwqä«ó¡tB ÇÌÏÈ
Jangan ikuti segala hal yang tidak ada dasar pengetahuannya, karena pendengaran, penglihatan dan apa yang kita fikirkan, akan ditanya oleh Allah subhanahu wata’ala diakherat kelak.

Maka hari ini kita harus mulai hidup kita mata kita mesti bermanfaat cari bekal yang baik lewat pandangan, telinga kita dengar yang baik lewat pendengaran, lisan kita cari bekal yang baik lewat perkataan sampai ke ujung kaki kita. 

Karena itu anda tidak akan pernah temukan dalam kitab manapun yang mengatur tentang aktivitas hidup kita kecuali dalam Al-Qur’an dari ujung kepala sampai ujung kaki ada semua.

Alhamdulillah subuh ini kita diberi kesempatan untuk menundukan  semua fisik kita dari ujung kepala sampai ujung kaki dimulai dengan menunaikan sholat.
 Saya mau berakhir dalam muqodimah ini dengan memberikan ucapan selamat kepada kita semua diantara sekian hamba yang hidup kita yg diberikan kesempatan menunaikan sholat subuh langsung berjamaah.

Sholat subuh itu, diantara sholat yang waktunya sangat diistimewakan dalam Al-Qur’an. Jadi semua sholat, waktu sholat dari mulai 5 waktu itu seluruh sholatnya penting. Tapi ketika Allah menyebutkan rangkaian waktu yang lima ini, Allah mengkhususkan sholat subuh dengan ke istimewaan tertentu dalam waktunya dibandingkan dengan waktu-waktu yang lainnya.
Qur’an Surat ke 17 alisra ayat 78 paling kiri  sebelah atas :

ÉOÏ%r& no4qn=¢Á9$# Ï8qä9à$Î! ħôJ¤±9$# 4n<Î) È,|¡xî È@ø©9$# tb#uäöè%ur ̍ôfxÿø9$# ( ¨bÎ) tb#uäöè% ̍ôfxÿø9$# šc%x. #YŠqåkôtB ÇÐÑÈ  
dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat). 

silakan tonton vidieo di bawah ini untuk lebih lengkapnya:
Terima kasih semoga bermanfaat




Posting Komentar

0 Komentar